Susah Bangun Tidur? Berikut 7 Tips Bangun Cepat Pagi Hari, Wajib Baca!

Bangun-cepat-pagi-hari
Tips bangun cepat pagi hari | ceritabumi.com

Bangun cepat pagi hari – Setiap orang memiliki aktivitas harian yang sangat bervariasi, semakin padat aktivitasnya, semakin besar pula tuntutan manajemen waktu yang harus dipenuhi. Kelelahan merupakan sebuah faktor besar yang mengganggu aktivitas, efeknya bisa berakibat tidak masuk kerja, sakit atau mungkin efek paling kecil yaitu bangun telat di pagi hari.
Nah, sobat ceritabumi.. kali ini mimin akan memberikan beberapa tips mengenai cara agar bisa bangun cepat di pagi hari. So, jangan kemana-kemana, dibaca sampai habis yo.. Selamat membaca!


7 Tips Bangun Cepat di Pagi Hari

1. Tidur Cepat di Malam Harinya

Sebuah petuah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Buat kamu yang ingin memulai kebiasaan bangun cepat di pagi hari, tips yang pertama ini wajib kamu lakukan. 

Logika sederhananya, tidur cepat akan memudahkan bangun cepat, begitu juga sebaliknya tidur telat pada umumnya akan mengakibatkan bangun telat juga. Lantas jam berapa kita dianjurkan untuk tidur?

Beberapa ahli menyarankan tidur jam 8 malam atau paling lambat jam 10 malam dan bangun jam 3 atau 5 pagi. Tidur di jam tersebut membuat tubuh bugar dan sangat bagus bagi kesehatan.


tips bangun pagi
Merapikan tempat tidur | ceritabumi.com

 

2. Merapikan tempat tidur

Tempat tidur yang rapi akan membuat tidur lebih nyenyak, bisa menjadi salah satu faktor agar bisa terbangun cepat. selain itu, kondisi tempat tidur yang rapi akan membuat mood untuk bangun lebih baik, ketimbang dengan keadaan tempat tidur yang berantakan.


3. Membersihkan Anggota badan

Dalam agama islam, sangat dianjurkan untuk berwudhu’ sebelum tidur. ketika wudhu’ kita mencuci beberapa anggota badan seperti berkumur, tangan, wajah, sebagian rambut, kaki dan sebagainya, selain itu juga dianjurkan untuk bersiwak atau menyikat gigi.

Dengan membersihkan anggota badan, tentunya akan meningkatkan kualitas tidur dan akan terbangun dengan kondisi tubuh lebih bugar.


4. Berdo’a sebelum tidur

Berdo’a sebelum tidur agar dimudahkan bangun cepat di pagi harinya. Bagi yang beragama islam, berdo’a sangat dianjurkan, bahkan berdo’a atau meminta hal-hal lain sebelum tidur juga sangat bagus.

Selain itu, dengan berdo’a juga akan meningkatkan kepercayaan diri serta lebih optimis ketika bangun di pagi hari.


manfaat bangun pagi
Posisi tidur | ceritabumi.com

 

5. Tidur dengan posisi yang dianjurkan menurut kesehatan

Professor Chris Idzikowski, Direktur Sleep Assessment and Advisory Service, pernah melakukan penelitian soal ini. Dengan melibatkan 1.000 relawan, ia menganalisa enam posisi tidur. Hasilnya menunjukkan bahwa Posisi tidur ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang.

Lantas bagaimana posisi tidur yang dianjurkan menurut kesehatan?
menurut penilitian, tidur miring ke kanan dapat melancarkan sirkulasi darah, selain itu juga dapat mengistirahatkan otak dengan baik serta mencegah berbagai penyakit akibat salah tidur.


cara bangun cepat
Menghidupkan Alarm | ceritabumi.com

 

 

6. Menghidupkan Alarm

Alarm juga terbilang sangat membantu, minimal sebagai pengingat untuk terbangun. Tapi tetap saja, tips yang sebelumnya harus dipenuhi terlebih dahulu. Karena banyak kejadian, alarm sudah hidup berjam-jam namun masih tertidur pulas.


7. Meminta orang lain untuk membangunkan

Ini adalah cara pamungkas terakhir, kalau tips diatas tidak berhasil juga, maka dianjurkan untuk menggunakan cara yang satu ini. Tapi perlu diingat, minta dibangunkan kepada orang yang sudah terbiasa bangun cepat, bukannya kepada orang yang telat bangun juga.. sama saja itu mah..

Nah, itu dia sobat beberapa tips agar terbangun cepat di pagi hari..
etss.. tapi jangan beranjak dulu, dibaca juga yang dibawahnya yaitu manfaat bangun cepat di pagi hari:


6 Manfaat Bangun Cepat di Pagi Hari

1. Meningkatkan Kesuksesan

Dilansir dari sebuah penelitian pada tahun 2008 oleh Universitas Texas, bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

Bila dipikir-pikir, tentu saja hal itu bisa terjadi lantaran orang yang bangun pagi akan lebih disiplin dalam banyak hal dibandingkan orang yang telat bangun pagi, sehingga banyak hal-hal seperti belajar yang bisa dilakukan di pagi hari.


2. Lebih Produktif

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg, ia menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi akan memiliki energi yang lebih banyak ketimbang yang telat bangun di pagi hari. Hal ini tentunya akan membuat seseorang lebih produktif.

Orang yang bangun lebih pagi akan memiliki waktu tambahan untuk menyiapkan pekerjaannya, sementara orang lain masih tertidur. Mereka memiliki waktu yang hening dan baik digunakan untuk berkonsentrasi.


3. Membuat mental lebih sehat dan positif

Orang yang bangun cepat di pagi hari akan memiliki suasana hati dan mental yang lebih baik dan lebih optimis. Mereka juga akan lebih mudah merasa puas.

Sebaliknya, orang yang biasa terjaga di malam hari dan tidur di pagi hari, meski dikaitkan dengan kecerdasan dan kreativitas, akan cenderung memiliki suasana hati yang negatif seperti perasaan depresi dan pesimis dan sebagainya.


cara bangun pagi
Hidup lebih sehat | ceritabumi.com

 

4. Memiliki Tubuh lebih Sehat dan Bugar

Udara di pagi hari sangat segar dan menyehatkan untuk dihirup, lantaran belum terkontaminasi oleh polusi lainnya. Nah, orang yang bangun di pagi hari pastinya akan menghirup udara sehat ini.


5. Pertanda Bukan Orang Munafik

Yang satu ini bukan mimin yang bilang lho, sumbernya dari nabi Muhammad SAW, dimana salah satu tanda orang munafik itu adalah susah bangun untuk shalat subuh alias susah bangun cepat di pagi hari.

So, kalau mau terlepas dari sifat ini, harus rajin bangun cepat di pagi hari.


Tips cepat bangun
Membuka pintu rezeki | ceritabumi.com

 

6. Membuka Pintu Rezeki

Kalau yang satu ini pastinya tidak mengherankan lagi, dari manfaat-manfaat yang dipaparkan sebelumnya dapat diambil kesimpulan bangun cepat di pagi hari dapat melancarkan rezeki. Dan ini bukan cuma sekedar teoritis, tetapi sudah terbukti dialami oleh pengusaha-pengusaha sukses diluar sana.

Demikian sobat tips supaya cepat bangun di pagi hari, dibaca juga tips-tips lainnya..

Lanjut baca: 6 Puisi Sedih Terbaik Tentang Ibu dan Ayah

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap