7 Tips Belajar Fahmil Quran, Peserta MFQ Wajib Baca!

belajar fahmil quran
Tips Belajar Fahmil Quran | ceritabumi.com

Belajar Fahmil Quran – Selamat datang semuanya, pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit tips untuk teman-teman khususnya para peserta atau yang sedang belajar Fahmil Quran. Dan tips ini langsung dari juara MTQ nasional di cabang lomba ini.

Siapa orangnya? Teman-teman saya, serta saya sendiri juga ikut nimbrung di dalamnya ^_^

Oke, sebelum kita masuk ke tips belajar Fahmil Quran ada baiknya kita kenalan terlebih dahulu perlombaan yang satu ini, tentang ketentuan maupun mekanisme perlombaannya.

Apa Itu Fahmil Quran?

Musabaqah Fahmil Qur’an merupakan jenis perlombaan pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat yang disajikan dalam bentuk cerdas cermat. Fahmil Quran ini juga merupakan salah satu cabang lomba dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang diadakan setiap dua tahunan.

Nah, Kebiasaannya perlombaan ini (Khususnya di MTQ) terdiri dari 3 orang perkelompok. Namun, di beberapa even ada juga yang hanya mensyaratkan satu orang saja perkelompok.

Apa Saja Materi yang Ditanyakan?

Untuk para peserta Fahmil Quran ataupun teman-teman yang sedang belajar Fahmil Quran tentunya tidak asing lagi dengan materi-materi yang diperlombakan di cabang perlombaan ini. Terlebih lagi, sekarang sudah sangat mudah untuk menjumpai materi-materi atau soal-soal Fahmil Quran.

Beberapa materi secara garis besar yang ditanyakan dalam lomba Fahmil Quran yaitu:

Pemahaman Ayat
Hafalan Ayat
Sejarah
Fiqh
Tajwid
Hadits
Ulumul Quran
Ulumul Hadits
Ilmu Kalam
Lagu (ghina’) Alquran
Fathurrahman
Mawaris (Faraidh) dsb

Materi-materi tersebut dapat kita pelajari di kitab-kitab, buku-buku maupun soal-soal Fahmil Quran di even-even sebelumnya.

Untuk soal-soal Fahmil Quran Tingkat Nasional bisa teman-teman download disini lengkap!

7 Tips Belajar Fahmil Quran

Berikut beberapa tips belajar Fahmil Quran, semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar:

tips belajar fahmil
Tips Belajar Fahmil Quran | ceritabumi.com

1. Meniatkan Belajar Karena Allah

Belajar Fahmil Quran bukan hanya persoalan teman-teman mengikuti lomba. Tetapi juga kesempatan untuk belajar ilmu-ilmu agama ataupun menambah wawasan seputar agama maupun umum.

Banyak para peserta Fahmil Quran yang salah di langkah pertama ini, akibat nya ketika hasil perlombaan tidak sesuai dengan harapan, akan merasakan kekecewaan yang sangat besar.

Jadi, luruskan niat karena Allah serta untuk menambah ilmu. Nantinya ilmu-ilmu yang dipelajari di Fahmil Quran ini sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari tidak hanya di atas panggung sayembara saja. Bermanfaat di kelas karena teman-teman akan lebih paham mengenai pelajaran agama secara umum dibanding teman lain yang tidak mengikuti even ini. Selain itu, saat tes perkuliahan di kampus-kampus islam juga sangat banyak soal-soal seputar materi Fahmil Quran ditanyakan.

Bahkan yang lebih menguntungkan lagi, apabila nantinya teman-teman hobi di bidang dakwah, materi-materi yang sudah dipelajari di Fahmil Quran saya jamin pasti akan sangat membantu.

Tips Belajar Fahmil Quran
Tips Belajar Fahmil Quran | ceritabumi.com

2. Fahmil (Pahami), bukan menghafal!

Walaupun ujung-ujungnya nanti tetap menghafal, tetapi memahami adalah proses yang sangat penting dan harus dikerjakan oleh setiap peserta Fahmil Quran, walaupun hal ini sering diabaikan. Adapun yang dimaksud paham disini adalah memahami materi-materi atau soal-soal yang dipelajari. Memang pada kenyataannya, kebanyakan soal-soal yang keluar di dalam Musabaqah Fahmil Quran ini merupakan soal-soal yang sudah ditanyakan pada MTQ sebelumnya. Sehingga bisa dikatakan, hampir 70% soal-soal yang ditanyakan dapat dijumpai di bank soal MTQ-MTQ sebelumnya.

Namun, tetap seperti disampaikan di poin ini, bahwa harus paham apa yang dipelajari atau dihafal. Contohnya, di saat teman-teman sedang menghafal suatu ayat, teman-teman tidak boleh hanya menghafalnya. Akan tetapi lebih dari itu, coba dipahami arti, konteks hingga tafsir ayatnya. Begitu juga di saat belajar materi sejarah, apabila ada tahun suatu peristiwa yang akan dihafal, jangan cukup sampai di situ saja, tetapi usahakan memahami dan mencari lebih jauh informasi terhadap peristiwa tersebut.

Akan membutuhkan waktu lama? Bisa jadi. Namun, dengan langkah ini akan membuat pemahaman teman-teman terhadap materi lebih mantap, sehingga apabila ditanyakan soal-soal baru, teman-teman sudah siap. Di samping itu, dengan memahami materi-materinya akan membuat teman-teman semakin semangat dalam belajar

Baca juga: 10 Tips Cara Cepat Menghafal Alquran Mutqin 30 Juz!

3. Pelajari Soal-soal yang mengandung hafalan ayat terlebih dahulu

Kebanyakan kesalahan yang dilakukan oleh peserta Fahmil Quran pemula yaitu mempelajari materi-materi yang mudah terlebih dahulu sehingga memilih untuk mempelajari atau menghafal soal-soal yang berkenaan dengan ayat di akhir. Saya katakan ini adalah langkah yang keliru.

Sangat saya sarankan agar teman-teman memulainya dengan materi ayat, karena materi tersebut adalah yang tersusah. Apabila teman-teman telah selesai mempelajari materi yang ini, baru lanjut ke materi-materi yang lebih mudah lainnya.

musabaqah fahmil quran
Tips Belajar Fahmil Quran | ceritabumi.com

4. Jangan Hanya Berkutat di Bank Soal!

Sama seperti di langkah kedua tadi, apabila hanya fokus di buku paket soal, maka teman-teman akan fokus menghafal itu-itu saja. Ini akan mengurangi nilai pemahaman teman-teman. Cobalah untuk membeli kitab-kitab atau buku-buku sebagai rujukan belajar, tanyakan kepada guru apabila ada materi yang kurang dipahami.

Di samping itu, hal ini akan berpengaruh terhadap mental peserta di saat tampil. Apabila yang bersangkutan sudah menguasai buku paket disertai tambahan belajar di kitab-kitab dan buku rujukan lainnya, insyaallah akan terasa lebih rileks dan lebih siap di saat berlomba.

Baca juga: Susah Bangun Tidur? Berikut 7 Tips Bangun Cepat Pagi Hari, Wajib Baca!

5. Jangan lupakan Materi pendukung

Ada 3 materi yang bisa kita sebut sebagai materi pendukung disini, yaitu: Tilawah (ghina’ Alquran), Mawaris (Faraidh) dan Fathurrahman atau Fathul quran.

Tilawah (Ghina’ Al Quran)

Dua tipe pertanyaan yang sering diajukan seputaran ghina’ al quran, yaitu memperagakan lagu dan menebak lagu yang dibawakan oleh dewan hakim. Berikut nama-nama lagu secara umum:

Bayyati
Saba
Hijaz
Nahawand
Rast
Shiqa
Jiharkah

Mawaris (Faraidh)

Mawaris adalah materi mengenai tatacara pembagian harta warisan. Kebiasaannya soal akan ditanyakan tentang hitung-hitungan bagian yang diterima oleh ahli waris.

Baca juga: Pengantar Ilmu Waris Lengkap, Mudah dan Praktis (Pembagian Harta Warisan)

Fathurrahman

Fathurrahman atau disebut juga dengan kamus alquran merupakan kitab yang dipergunakan dalam mencari letak ayat di dalam mushaf (surat dan ayat berapa). Di dalam perlombaan Fahmil Quran, Fathurrahman bukan hanya soal bisa atau tidak bisa tetapi juga cepat atau tidak cepat. Karena peserta akan berhadapan dengan keterbatasan waktu yang disediakan serta kecepatan dari grup lawan sendiri.

fahmil quran
Tips Belajar Fahmil Quran | ceritabumi.com

6. Tanamkan pada diri sendiri bahwa anda harus bisa menguasai semua materi!

Ini langkah yang sangat penting apabila teman-teman ingin mengikuti perlombaan ini hingga ke tingkat yang tinggi seperti nasional misalnya.

Kerja tim memang sangat diperlukan di perlombaan ini, tetapi jangan terlalu berharap terhadap tim. Tingkatkan kemampuan teman-teman hingga bisa dikatakan bisa menguasai semua materi. Karena di Cabang perlombaan MTQ termasuk Fahmil Quran, apabila teman-teman dan tim nantinya dapat juara misalkan, maka tidak serta merta langsung di ikutkan ke jenjang selanjutnya. Tetapi harus melewati tahap yang namanya seleksi terlebih dahulu. Nah, di seleksi ini lah kemampuan individu sangat dibutuhkan. So, persiapkan kemampuan diri sebaik mungkin.

7. Berdo’a

Yang satu ini merupakan senjata pamungkas jangan pernah lupa, bahkan ini menjadi senjata utama untuk mengikuti lomba atau tes apapun. Berdo’a agar teman dimudahkan di saat tampil serta merasa rileks di saat menjawab soal. Sebuah pepatah mengatakan:

“Usaha tanpa do’a itu sombong, Do’a tanpa usaha itu Omong kosong” jadi, harus seimbangkan antara kedua hal ini.

Demikian, semoga bermanfaat tips nya.

Lanjut Baca:

Download Kumpulan Soal Fahmil Quran Nasional Lengkap

Download Kumpulan Soal Fahmil Quran Aceh Lengkap

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap