10 Tips Cara Cepat Menghafal Alquran Mutqin 30 Juz!

Cara cepat menghafal Alquran
Cara cepat menghafal Alquran | ceritabumi.com

Cara cepat menghafal alquran – Al quran adalah kalam Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril AS. Sebagai Umat Muslim kewajiban pertama kita terhadap al quran yaitu mengimani serta menjadikannya pedoman hidup. Rasulullah SAW memerintahkan kita sebagai umatnya untuk membaca, memahami, menghafal, mentadabburi dan mengamalkan alquran. Banyak hadits-hadits beliau yang menyebutkan keutamaan dan kemulian orang-orang yang membaca, menghafal dan belajar alquran, sehingga tidak heran banyak umat islam yang hingga kini berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan ini.

Beberapa waktu ini, di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya, sangat banyak kita perhatikan orang-orang yang berlomba-lomba dalam menghafal alquran mulai dari anak kecil hingga yang sudah tua.

Sebenarnya menghafal alquran bukanlah suatu pekerjaan yang sulit, karena Allah sendiri sudah menjaminnya dalam alquran:

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْاٰنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُّدَّكِرٍ

wa laqad yassarnal-qur`āna liż-żikri fa hal mim muddakir

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (al qamar:22)

Selama seseorang tersebut menghafalnya dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan insyaallah akan Allah mudahkan. Berikut ini akan diberikan Tips Cara cepat menghafal alquran mutqin 30 Juz!

Baca juga: Ramadhan Tiba? Berikut 8 Amalan Bulan Ramadhan, Ringan dan Harus Kamu Kerjakan!


10 Tips Cara Cepat Menghafal Alquran

1. Luruskan Niat Karna Allah!

“Innamal ‘amalu binniyat” setiap perbuatan diawali dengan niat. Sebelum melakukan pekerjaan yang mulia ini yaitu menghafal alquran maka sudah semestinya untuk meluruskan niat terlebih dahulu. Niatkan menghafal alquran karena Allah SWT, niatkan agar dijadikan “ahlullah” oleh Allah. Diberikan keridhaannya serta mendapatkan syurganya kelak.

Hindari niat menghafal alquran karena ingin dipuji oleh manusia lain ataupun niat karena mengikuti sebuah perlomba atau even. Karena niat yang seperti itu akan mencelakakan diri sendiri di dunia maupun di akhirat kelak.


cepat menghafal alquran
Memperbaiki bacaan Alquran | ceritabumi.com

 

2. Memperbagus Bacaan Alquran terlebih dahulu

Beberapa orang diluar sana banyak kita perhatikan sudah memulai menghafal alquran baik di lembaga-lembaga tahfidh maupun di tempat sendiri, akan tetapi bacaan alqurannya masih sangat memprihatinkan atau masih banyak yang salah.

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh calon penghafal alquran adalah memperbaik bacaan alquran itu sendiri, baik dari segi makharijul huruf, shifatul huruf, tajwid dan lain-lain. Apabila bacaan sudah bagus maka akan memudahkan pula ketika menghafal nantinya, begitu pula sebaliknya.


3. Harus punya Target dan Istiqamah dengan targetnya!

Tidak usah memasang target yang muluk-muluk seperti harus menghafal satu juz dalam sehari tetapi nanti di perjalanannya hanya mampu mengerjakan beberapa hari saja. Pada akhirnya, target tidak berjalan, yang sudah dihafal pun lupa lagi karena terburu-buru. Cukup memasang target satu hari satu halaman (20 hari satu Juz) atau satu hari satu lembar (10 hari satu juz) atau lebih banyak sedikit. Intinya target tersebut benar-benar bisa terkejar dengan metode hafalan yang benar serta terus menerus (istiqamah).


4. Selalu gunakan Mushaf alquran yang sama!

Selalu menggunakan mushaf yang sama, membantu dalam menghafal di awal dan juga ketika takrir (mengulang hafalan). Di sini peran dari mata sangat berpengaruh, mata tidak hanya sekedar melihat mushaf akan tetapi apabila terus-menerus melihat mushaf yang sama, mata pun akan ikut menghafal (menanda) tulisan ayat.


hafal al quran
Memahami arti ayat | ceritabumi.com

 

5. Membaca serta memahami arti ayat terlebih dahulu

Sebelum memulai menghafal lebih jauh, harus membaca per ayat satu kali terlebih dahulu. Selanjutnya langkah yang juga sangat penting adalah membaca atau memahami arti dari ayat tersebut, walaupun tidak sampai memahami tafsir ayatnya.

Dengan membaca artinya saja setidaknya sudah memberi pemahaman awal kepada kita tentang ayat yang sedang kita hafal. Dengan demikian, akan memudahkan otak kita untuk mengingat ayat tersebut, karena kita sudah paham arti ayat serta nantinya juga akan menguatkan hafalanya.

Pada kenyataan nya di lapangan, langkah ini banyak ditinggalkan, karena dianggap membuat lama dalam menghafal, sehingga banyak penghafal alquran yang terkadang tidak paham terhadap arti ayat-ayat alquran walaupun dia sudah menghafalnya.


6. Mengulang bacaan berkali-kali untuk menguatkan hafalan

Para ulama dahulu mengulang bacaan satu ayat hingga 40 kali sebelum melanjutkan ke ayat yang lain, hal ini mereka lakukan untuk mendapatkan ingatan yang kuat terhadap ayat tersebut. Jadi, jangan beralih ke ayat selanjutnya sebelum mengulang beberapa kali, walaupun ayat tersebut sudah terhafal hanya dengan satu atau dua kali ulang, adapun pengulangannya minimal sebanyak 20 kali.


menghafal al quran
Menyetorkan hafalan | ceritabumi.com

 

7. Memperdengarkan Hafalan ke guru atau syeikh

Hafalan akan cepat hilang apabila dihafal tanpa diperdengarkan atau disetorkan ke guru atau syeikh, bahkan apabila ada bacaan atau hafalan yang salah bisa berakibat fatal karena tidak ada yang membenarkan atau mengoreksi. Sehingga menyetorkan hafalan ini sangat penting. Disamping itu, dengan menyetorkan secara tidak langsung akan menambah kekuatan hafalan dengan sendirinya.

Makanya dapat kita lihat, di setiap lembaga-lembaga menghafal alquran selalu ada pembimbingnya yang bertujuan sebagai tempat penerima setoran.


8. Mendengarkan Murattal Alquran

Ini salah satu dari bentuk takrir atau pengulangan hafalan. Selain mengulang dengan membaca kembali, mengulang dengan cara mendengar juga sangat membantu. Adapun audio murattalnya saat ini dapat kita peroleh dengan mudahnya, di internet dan sebagainya. Qari’ yang dapat kita pilih untuk didengarkan juga sangat banyak. Pilihlah yang menurut mu paling bagus bacaannya dan paling enak untuk didiengarkan!


tips menghafal al quran
Menghafal dan muraja’ah di waktu terbaik | ceritabumi.com

 

9. Menentukan waktu terbaik untuk menghafal dan mengulang hafalan

Jangan dicampur adukkan antara waktu menghafal dengan waktu mengulang hafalan, buat jadwal khusus untuk menghafal beserta targetnya dan juga waktu mengulang hafalan beserta targetnya.

Beberapa waktu yang disarankan untuk menghafal yaitu: waktu sepertiga malam usai shalat tahajud, setelah shubuh dan di waktu zhuhur. Adapun selebihnya bisa digunakan untuk mengulang hafalan.

Apabila waktu menghafal dan takrir digabungkan, maka ditakutkan akan memperlambat hafalan sehingga target yang sudah direncakan tidak terlaksana.


10. Berdo’a, Kunci dari semua usaha!

Tentu saja hal ini harus dilakukan selalu. Kita sedang menghafal alquran yang merupakan kalam Allah maka sudah sepatutnya kita memohon dan bermunajat kepada Allah agar dimudahkan dalam menghafal serta menguatkan hafalan.


Demikianlah beberapa tips cara cepat menghafal alquran, semoga bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber.

Lanjut Baca: 

Susah Bangun Tidur? Berikut 7 Tips Bangun Cepat Pagi Hari, Wajib Baca!

7 Tips Lulus Tes Kuliah Timur Tengah Beserta Kumpulan Soal Tes Lengkap!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap