10 Dayah Terpadu / Pesantren Modern Terbaik Di Aceh (Dayah Pesantren Terbaik Aceh)

dayah pesantren terbaik aceh
10 Dayah Terpadu / Pesantren Modern Terbaik di Aceh | ceritabumi.com

Dayah / Pesantren Terbaik Aceh – Dayah merupakan Sebuah Lembaga pendidikan di Indonesia. Saat ini, di samping dayah tradisional yang tentunya berfokus pada pendalaman ilmu agama dengan metode pembelajaran pemahaman terhadap kutub at turats, telah hadir juga dayah terpadu atau dayah yang juga dipadukan dengan sekolah umum.

kali ini ini akan dipaparkan 10 Daftar Dayah Terpadu/ Pondok pesantren di Provinsi Aceh, dimana dayah-dayah terpadu ini sangat menonjol baik dari prestasi santrinya maupun kualitas para lulusannya. Tapi sebelum itu mari kita simak dulu, definisi dari dayah terpadu itu sendiri serta gambaran umumnya, agar bertambah pengetahuan pembaca untuk memilih dayah mana yang cocok untuk melanjutkan studi nantinya.


PENGERTIAN DAYAH TERPADU/PONDOK PESANTREN MODERN

Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional keagamaan yang terdapat di Indonesia. Pondok Pesantren merupakan dua istilah yang menunjukkan sebuah pengertian yaitu pesantren yang terdapat pondok (asramanya).

Beberapa tahun ini telah banyak lahir pondok pesantren modern atau di Aceh lebih dikenal dengan istilah dayah terpadu, sedangkan di Minangkabau, istilah pesantren ini lebih dikenal dengan surau.

Pesantren Modern atau dayah terpadu ini mengkombinasikan antara dua kurikulum belajar, yaitu kurikulum belajar pesantren tradisional dan kurikulum madrasah umum di bawah naungan pemerintah.

Baca juga: 10 Daftar MA Terbaik di Provinsi Aceh


10 Dayah Terpadu/ Pesantren Modern Terbaik Di Aceh

Berikut ini akan dipaparkan 10 Dayah terpadu/ pesantren modern terbaik di Aceh:

1. Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar

Dayah Terbaik Aceh
Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa | ruhulislam.com

Dayah/pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa didirikan oleh Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada tahun 1997. Ketua dewan pembina yayasan adalah Prof. Syamsuddin Mahmud yang saat itu menjabat sebagai gubernur Aceh. Dayah yang tentunya dilengkapi dengan asrama ini memadukan kurikulum madrasah, dayah tradisional serta tahfizh al quran di dalam pembelajarannya sehari-hari.

Sejak didirikan pada 1 Juli 1997 hingga 1 Mei 2018, dayah ini telah menamatkan sebanyak 19 angkatan dengan jumlah alumni sudah mencapai 2 ribuan alumnus yang    tersebar di berbagai Perguruan Tinggi terkemuka di dalam negeri (UI, UGM, ITB, IPB, ITS) maupun di luar negeri (Mesir, Madinah, Sudan, Tunisia, Qatar, Maroko, Turki, Libya, Taiwan, Kanada, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Australia) sebagainya. Salah satu alumninya yang sudah berkontribusi di bidang dakwah yaitu Ust, Hanan At Taki yang saat ini sudah dikenal di seluruh Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Begitu juga prestasi santri-santri dayah ini terbilang cukup banyak, di bidang Agama, kesenian, sains, olahraga dan sebagainya mulai dari tingkat regional hingga ke tingkat nasional.

Saat ini, dayah ini hanya tersedia untuk tingkat Aliyahnya saja, berbeda dengan kebanyakan dayah/pondok pesantren modern lainnya yang sudah ada dari semenjak tingkat Tsanawiyahnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Dayah ini, dapat mengunjungi website: www.ruhulislam.com


2. Bustanul Ulum Langsa

Dayah/Pesantren Bustanul Ulum Langsa atau juga dikenal dengan MUQ Langsa, merupakan sebuah dayah terpadu pertama di Aceh. dayah ini diresmikan pada 27 Desember 1981. Lulusan dari dayah ini terbilang sudah sangat banyak diantaranya ada yang berkontribusi di bidang pemerintahan, politik, bisnis dan sebagainya.

 

Disamping itu, dayah ini juga telah melahirkan banyak generasi penghafal al quran, karena memang salah satu program unggulan dari dayah ini adalah tahfizhul quran. Namun, walaupun terbilang sangat fokus terhadap pengembangan tahfizhul quran, dayah ini tetap memusatkan perhatian pada pengembangan pemahaman santri terhadap kutub serta bahasa arab dan inggris.

Baca juga: 25+ Contoh Sambutan Ketua Panitia Keren, Berbagai Acara Lengkap!


3. Oemar Diyan Aceh Besar

pesantren terbaik aceh
Dayah Oemar Diyan | 2pos.asia

Dayah/Pesantren Modern Tgk. Chik Oemar Diyan merupakan salah satu dayah terpadu di provinsi Aceh, bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Tgk. Chik Oemar Diyan, berlokasi di Desa Krueng Lamkareung Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar. Dayah ini diresmikan oleh Gubernur NAD pada tanggal 27 Oktober 1990.

Sejak berdiri dayah ini hingga saat ini, sistem pendidikan dan kurikulum yang dipakainya adalah sistem pendidikan terpadu yaitu perpaduan kurikulum pemerintah (Departemen Agama) dan kurikulum Pesantren.

Lulusan dari dayah ini telah banyak memberikan kontribusi untuk daerah, khususnya di bidang pendidikan. Saat ini mereka, para alumni dayah ini juga banyak tersebar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, bahkan tidak sedikit juga yang di luar negeri seperti Mesir, Madinah dan sebagainya.


4. Darul Ihsan Aceh Besar

Dayah/pesantren Darul Ihsan yang bernaung di bawah yayasan darul ihsan Tgk. H. hasan Krueng Kalee, merupakan lanjutan dari pengembangan Dayah salafi Tgk. H. Hasan Krueng kalee yang pernah berkembang pada tahun 1910 s.d 1946. Setelah beliau wafat, berakhirlah lembaga pendidikan itu. Setelah 26 tahun kemudian, tepatnya tanggal 15 Muharam 1420 H/ 1 Mei 1999, Dayah Krueng kalee di pugar dan dibangun kembali atas prakarsa cucunya H. Waisul Qarani Aly As Su’udy yang berbentuk dayah terpadu.

Saat ini, dayah ini berfokus pada pengembangan bahasa dan pemahaman kutub yang sangat mendalam, sehingga kualitas para lulusannya patut diacungkan jempol. Jebolan dari dayah ini banyak yang melanjutkan pendidikan di luar negeri seperti mesir, sudan dan sebagainya, begitu juga ke beberapa kampus terkemuka di dalam negeri.


5. Jeumala Amal Pidie Jaya

Dayah/pesantren ini juga merupakan salah satu dayah tertua di Aceh, terletak di kabupaten Pidie Jaya, prestasi yang telah dipacai oleh dayah ini cukup banyak. Para lulusannya juga sudah menyebar dan berkontribusi di berbagai bidang baik di pemerintahan, politik, bisnis dan sebagainya. Prestasi yang dicapai oleh siswa-siswi madrasah ini juga terbilang cukup banyak di berbagai bidang, olahraga, sains, agama dan lain-lain.

Saat ini, banyak dari lulusan dayah ini yang melanjutkan studinya di berbagai universitas terkemuka, baik di dalam maupun di luar negeri.


6. Darul Ulum Banda Aceh

Pesantren terfavorit aceh
Dayah Darul Ulum | tribunnews.com

Dayah Darul ‘Ulum Banda Aceh didirikan oleh Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) pada tanggal 01 Juni 1990 di atas areal komplek YPUI seluas ± 48.938 m3. Komplek dayah ini beralamat di Jalan Syiah Kuala Nomor 5 Kelurahan Keuramat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

Ditetapkan nama Darul ‘Ulum mengandung harapan agar Komplek YPUI dapat menjadi lingkungan ilmu pengetahuan tempat lahirnya Generasi Penerus Islam yang berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas dengan landasan Iman dan Taqwa. Dayah ini sangat berfokus pada pengembangan bahasa siswa-siswinya, begitu juga di bidang minat bakatnya seperti kaligrafi dan sebagainya. Selain itu, dayah ini juga sangat unggul di bidang sains nya sehingga tidak sedikit lulusannya yang melanjutkan pendidikan di universitas-universitas umum terbaik di dalam negeri.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Dayah ini, dapat mengunjungi website: http://darululumaceh.net/


7. Ulumuddin Lhoksemawe

Dayah/pesantren Ulumuddin yang berlokasi di Uteunkot Cunda – Lhokseumawe, Aceh-Indonesia merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam yang menganut sistem pendidikan perpaduan antara sistem pendidikan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan Nasional.

Prestasi yang telah diraih oleh santri-santri dayah ini terbilang cukup baik, banyak para santrinya yang menjuarai berbagai macam lomba, baik di tingkat daerah maupun nasional. Begitu juga dengan para lulusannya telah tersebar untuk melanjutkan studi lanjutan ke berbagai daerah di Indonesia maupun di luar negeri.


8. Misbahul Ulum Lhoksemawe

Dayah terkenal aceh
Dayah Misbahul Ulum | tribunnews.com

Dayah/pesantren Misbahul Ulum terletak di Desa Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Dayah ini sudah berdiri sejak tahun 1987, awalnya bernama Dayah Nurul Muhtadi Al-Aziziyah.

Dayah terpadu Misbahul Ulum pun resmi membuka pendaftaran santri perdana pada tanggal 12 Juli 1993 / 22 Muharram 1414 H dengan jumlah santri sebanyak 34 orang. Perlahan namun pasti Pesantren Modern Misbahul Ulum mengalami peningkatan yang signifikan sehingga saat ini jumlah santri dayah ini yang terdaftar sudah melebihi angka 1500 santri.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai Dayah ini, dapat mengunjungi website: http://misbahululum.ac.id


9. Darul Amin (Gontor 10) Aceh Besar

Sebagai salah satu wujud dari partisipasi aktif Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur pasca musibah gempa dan gelombang tsunami yang menimpa Provinsi Aceh tahun 2004 silam, Gontor mendirikan salah satu cabangnya yang ke-10 di tanah Serambi Makkah ini.

Pondok yang berlokasi di Meunasah Baro Seulimum Aceh ini merupakan sarana dakwah dan kegiatan kemasyarakatan. Program pendidikan yang dijalankan berupa kurikulum pengajaran yang mengacu pada program KMI Gontor Pusat.

Adapun guru pengajar di pondok ini adalah guru alumni Pondok Modern Darussalam Gontor dan ISID Pondok Modern Darussalam Gontor. Pondok ini juga menerapkan sistem ujian yang sangat sulit, lebih jelas mengenai ujian di pondok ini, bisa dilihat di Bagaimana Sistem Ujian di Gontor?

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pesantren ini, dapat mengunjungi website: https://www.gontor.ac.id/pondok-modern-darul-amien-gontor-


10. Insan Qurani Aceh Besar

Dayah/pesantren Insan Qurani berdiri pada tahun 2014 yang lalu. Meski terbilang cukup muda dari segi umurnya, namun dayah ini telah melahirkan beberapa lulusannya yang terbilang cukup membanggakan. Prestasi yang telah dicapai oleh para santrinya juga sangat banyak, baik di tingkat regional maupun nasional.

Saat ini para lulusan dayah ini telah tersebar di beberapa universitas di dalam negeri dan beberapa di luar negeri seperti di Mesir.



Itulah  daftar 10 Dayah terpadu terbaik di Aceh, daftar nama-nama dayah terpadu di atas merupakan hasil studi literatur dan pengamatan langsung di lapangan. Pastinya data diatas masih sangat bersifat subjektif.

Adapun dayah-dayah terpadu yang tidak tersebutkan di atas pastinya bagus dan direcommended juga, hanya saja karena keterbatasan informasi tidak dimasukkan ke daftar.

Tulisan ini dibuat untuk bahan bacaan atau referensi buat siswa-siswi yang sedang mengumpulkan informasi mengenai dayah terpadu favorit yang  hendak dituju. Semoga bermanfaat.

Lanjut baca: 10 Daftar SMA Terbaik Di Provinsi Aceh

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap