5 Jurusan Kuliah Terfavorit Dengan Prospek Kerja Sangat Bagus!

jurusan kuliah
Memilih jurusan kuliah | ceritabumi.com

Jurusan kuliah – Hampir setiap tahun, para siswa yang akan menyelesaikan pendidikannya ditingkat menengah atas atau aliyah merasa bingung mengenai jurusan yang akan dipilih di bangku kuliah nanti, beberapa ada yang merasa masih bingung dengan prospek kerja dari jurusan yang akan dia pilih, beberapa masih belum terlalu mengenal jurusan yang ingin dia pilih, bahkan lebih parahnya beberapa belum mengetahui kemana passion-nya untuk berkuliah.

Berikut akan saya tuliskan beberapa hal tentang dunia kuliah, cara memilih jurusan, tujuan tempat untuk berkuliah dan yang terakhir tentunya 5 Jurusan Terfavorit dengan prospek kerja sangat dibutuhkan 2019.


MENGENAL DUNIA PERKULIAHAN

Tentunya semua mahasiswa sangat paham dengan hal ini, dimana dunia perkuliahan sangat jauh berbeda dengan dunia sekolahan, mulai dari jam belajar, metode belajar, hubungan antara pelajar dengan guru maupun kegiatan di luar jam pelajaran.

Mengenai jam belajar di kampus, masih banyak siswa sekolah tingkat akhir atau calon mahasiswa yang masih bingung dan bertanya-tanya lantaran jam belajar di kampus sangat elastis atau tidak menoton seperti di sekolahan (Senin s.d Sabtu dari pagi hingga siang hari).

Perlu diketahui oleh calon mahasiswa bahwa jam belajar di kuliah adalah jam belajar yang ditawarkan oleh bagian biro ke mahasiswa, maksudnya, biro menawarkan beberapa pilihan jam belajar untuk sebuah mata kuliah tertentu yang selanjutnya kewenangan mahasiswa untuk memilih jam belajar yang dirasa cocok untuknya.

Contohnya, mata kuliah Matematika teknik, bagian biro menawarkan:

  1. Jam 08.00 s.d 10.30 WIB hari Rabu
  2. Jam 10.30 s.d 13.00 WIB hari Kamis
  3. Jam 08.00 s.d 10.30 WIB hari Jum’at

Selanjutnya, dari 3 waktu diatas, mahasiswa memilih salah satu jam yang dirasa cocok untuknya, sehingga hal inilah yang menyebabkan jam belajar setiap mahasiswa berbeda-beda dan sangat elastis.

Namun, sangat disayangkan, hingga saat ini masih ada beberapa kampus yang belum bisa memberikan hak mahasiswa untuk memilih jam kuliah, alias mahasiswa hanya mengajukan mata kuliah yang ingin diambil semester tersebut, sisanya bagian biro yang akan menentukan jadwal kuliah nya. Bagaimana cara mengetahui kampus yang mahasiswanya bisa memilih jam pelajaran sendiri?

Jawabannya, harus ditanya ke mahasiswa di universitas tersebut secara langsung.


CARA MEMILIH JURUSAN KULIAH

Ada beberapa faktor atau alasan yang mendorong seseorang dalam memilih jurusan kuliah, di antaranya:

1. Sesuai Keinginan (Passion) sendiri

Hobi ataupun keahlian selama bersekolah merupakan salah satu jalan atau cara untuk memilih jurusan kuliah, contohnya, seperti beberapa siswa yang hobi dibidang fotografi, maka dengan hobinya tersebut dia akan memilih jurusan Fotografi, Broadcasting maupun multimedia. Beberapa siswa yang hobi dengan bidang mekanik akan memilih untuk berkuliah di jurusan teknik mesin.

Inilah yang dimaksud dengan memilih jurusan sesuai dengan passion masing-masing.

2. Sesuai dengan prospek kerja di masa yang akan datang

Mengetahui prospek dari jurusan yang akan diambil juga sangat diperlukan, namun hal itu jangan sampai dijadikan prioritas utama dalam memilih jurusan kuliah, karena pada akhirnya hasil di bangku kuliah itu sendiri  yang nantinya akan menentukan prospek kerja dimasa yang akan datang bukan hanya karena jurusan yang diambil. contohnya, seperti yang bisa kita lihat saat ini, banyak siswa yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran lantaran prospek kerja ke depan yang sangat menggiurkan.

3. Karena paksaan dari pihak tertentu

Alasan yang satu ini juga sangat banyak mendorong siswa dalam memilih jurusan kuliah, misalkan saja dorongan atau paksaan dari orang tua untuk berkuliah di sebuah jurusan tertentu, maka siswa yang bersangkutan pun menuruti keinginan orang tuanya.


Dari ketiga alasan diatas, alasan pertama adalah yang paling aman. Karena dengan berkuliah sesuai passion masing-masing, pada umumnya mahasiswa yang bersangkutan akan semangat dalam menjalani proses perkuliahan, sehingga besar kemungkinan bisa menyelesaikan kuliah dengan baik dan lancar. Sedangkan alasan kedua dan ketiga, bisa berakibat pada dua hal. Pertama, siswa tersebut nantinya dapat beradaptasi dengan jurusan kuliahnya sehingga dapat menyelesaikan dengan baik atau yang kedua kuliahnya malah berantakan dan terhenti di tengah jalan karena faktor tidak sanggup dan sebagainya.


TUJUAN TEMPAT BERKULIAH

Beberapa tempat yang menjadi tujuan berkuliah calon mahasiswa, yaitu:

kuliah prospek kerja
PTN atau PTS? | ceritabumi.com

1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu tempat favorit calon mahasiswa untuk berkuliah, selain biaya SPP kuliah yang tergolong murah, mutu pendidikan di PTN juga rata-rata sangat bagus. Namun, sangat disayangkan, setiap tahunnya hampir semua siswa tingkat akhir berebut bangku kuliah di PTN yang sangat terbatas.

2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Perguruan Tinggi Swasta juga menjadi salah satu pilihan untuk berkuliah, di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 3 ribu PTS di seluruh Indonesia, beberapa ada yang mutunya sudah sangat bagus, beberapa masih standar dan beberapa masih jauh tertinggal dari universitas lain. Biaya kuliah di PTS tergolong lebih mahal dibandingkan biaya kuliah di PTN pada umumnya, sehingga hal ini lah yang banyak menyebabkan calon mahasiswa lebih memilih untuk berkuliah di PTN.

3. Sekolah Tinggi Kedinasan

Sekolah tinggi kedinasan merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah tertentu sebagai penyelenggara pendidikan, sehingga alumni dari sekolah ini nantinya akan langsung bekerja di instansi-instansi pemerintahan terkait. Untuk bisa berkuliah di salah satu sekolah tinggi ini juga tergolong sangat sulit, lantaran peserta tes sangat banyak setiap tahunnya.

4. Kampus di Luar Negeri

Ini adalah tujuan kuliah yang sangat jarang dipikirkan oleh mahasiswa di Indonesia, banyak mahasiswa yang tidak mengikuti info-info kampus atau berkuliah ke luar negeri, banyak yang mengira berkuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang sangat besar. Padahal jika dibandingkan dengan berkuliah di beberapa kampus di Indonesia, biaya yang dikeluarkan hampir sama. Bahkan saat ini, di beberapa negara seperti Jerman, menggratiskan biaya untuk kuliah, mahasiswa yang berkuliah di sana hanya perlu menyiapkan biaya hidup (Living Cost) saja.


5 Jurusan Terfavorit dengan prospek kerja sangat dibutuhkan 2019.

Berikut 5 jurusan favorit dengan prospek kerja bagus, sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk calon mahasiswa dalam memilih jurusan.

1. Jurusan Akuntansi

jurusan kuliah ipa
Jurusan Akuntansi | ceritabumi.com

Jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati oleh para calon mahasiswa/mahasiswi baru. Hal ini terbukti dari data jumlah peminat SBMPTN dari tahun ke tahun yang menunjukkan bahwa fakultas dengan peminat tertinggi adalah Akuntansi.

Salah satu faktor yang menentukan banyaknya peminat berkuliah di jurusan ini adalah kesempatan karir yang dinilai banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Bisa dikatakan bahwa semua kantor dan perusahaan membutuhkan bagian keuangan atau akuntan.

Selain itu, beberapa pilihan karir lainnya untuk lulusan jurusan akuntansi yaitu: Auditor, konsultan keuangan, administrator pajak, staff perbankan, dan lain sebagainya

2. Jurusan Teknik

Jurusan Teknik
Jurusan Teknik | ceritabumi.com

Jurusan ini merupakan jurusan yang secara konsisten memberikan gaji yang terbaik bagi para lulusannya, di SBMPTN sendiri Jurusan Teknik merupakan jurusan yang sangat banyak diminati oleh calon mahasiswa. Lulusan dari jurusan ini umumnya banyak yang memilih untuk bekerja di perusahaan-perusahaan atau di instansi-instansi swasta, tentunya dengan gaji yang sangat menggiurkan.

Jurusan teknik sendiri sangat luas, sehingga dibagi ke dalam beberapa bidang, diantaranya, teknik kimia, teknik mesin, teknik elektro, teknik industri, teknik perminyakan, teknik pertambangan dan masih banyak lagi.

3. Jurusan Informatika/Programmer

Di zaman serba digital ini, sarjana Informatika atau disebagian tempat Teknik informatika sangat dibutuhkan, para lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di banyak bidang, diantaranya Web development, network, software development dan lain-lain.

Beberapa lulusan dari jurusan ini juga banyak yang memilih bekerja sendiri atau wiraswasta. Aplikasi Grab atau Gojek yang saat ini sangat diminati di Indonesia adalah salah satu hasil yang bisa dibuat oleh alumni jurusan ini, ke depan mungkin akan lahir lebih banyak aplikasi maupun software-software yang akan membantu meringankan kinerja manusia, tentunya melalui ilmu aplikatif dari lulusan jurusan ini.

4. Jurusan Komunikasi atau Kehumasan

Jurusan kuliah ips
Jurusan Komunikasi | ceritabumi.com

Hampir semua perusahaan dan instansi saat ini membutuhkan tenaga di bidang ini. Di Amerika, Lulusan komunikasi rata-rata memperoleh gaji awal dalam kisaran 716 juta rupiah per tahun. di Inggris 402 juta rupiah per tahun, beberapa prospek pekerjaan untuk ilmu komunikasi yaitu di bidang Media, Marketing, Public relationship, periklanan, event organizer, business analysis dan sebagainya.

5. Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen mempunyai peluang atau prospek kerja sangat terbuka lebar sehingga jurusan ini menduduki grade tertinggi di fakultas Ekonomi. Banyak orang mangatakan bahwa jurusan Manajemen adalah jurusan kuliah paling aman, lantaran mempunyai peluang kerja sangat luas, diantaranya: Konsultan bisnis, Manajer pemasaran, konsultan perbankan, manajer keuangan, manajer trainee dan masih banyak lagi prospek kerja yang bisa diraih oleh lulusan jurusan ini.


Itulah beberapa jurusan favorit yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, tentunya masih banyak jurusan-jurusan lain yang juga bagus dan mempunyai prospek kerja bagus ke depannya. Namun, memilih jurusan kuliah sesuai minat dan bakat tetap hal yang paling penting.

Baca juga: 20+ Contoh Puisi Baru (Modern) Terkeren, tentang Cinta, Romantis, Sahabat & Kesedihan, Lengkap!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap