10 Daftar MA Terbaik di Provinsi Aceh (MA Terbaik Aceh)

MA terbaik Aceh
10 MA Terbaik di Aceh | ceritabumi.com

Madrasah Terbaik Aceh – Madrasah merupakan Sebuah Lembaga pendidikan formal di Indonesia, dimana lembaga pendidikan ini berada dibawah naungan kementrian Agama Republik Indonesia, sedikit berbeda jalur koordinasinya dengan sekolah umum. Jenjang Pendidikannya dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Nah, kali ini ini akan dipaparkan 10 Daftar Madrasah Aliyah (MA) di Provinsi Aceh, dimana madrasah-madrasah ini sangat menonjol baik dari siswanya maupun kualitas lulusannya. Tapi sebelum itu mari kita simak dulu, definisi dari MA itu sendiri serta gambaran umumnya, agar bertambah pengetahuan pembaca untuk memilih madrasah mana yang cocok untuk melanjutkan studi.


PENGERTIAN MA

Madrasah aliyah (MA) adalah jenjang pendidikan menengah atas pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana pengelolaannya dibawahi oleh Kementerian Agama.

Pada tahun pertama (yakni kelas 11), seperti halnya siswa SMA, maka siswa MA memilih salah satu dari 4 jurusan yang tersedia, yaitu Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa. Kurikulum Madrasah Aliyah pada dasarnya sama seperti kurikulum sekolah menengah atas, hanya saja pada MA terdapat porsi lebih karena ada penambahan beberapa mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Baca juga: 10 Daftar SMA Terbaik Di Provinsi Aceh


DAFTAR 10 MA TERBAIK DI ACEH

Berikut daftar ke-10 MA terbaik di Aceh:

1. MAN 1 Banda Aceh

MA terfavorit Aceh
MAN 1 Banda Aceh | manmodelbna.sch.id

MAN Model Banda Aceh pada awalnya didirikan sebagai sekolah swasta SMIA (sekolah Menengah Islam Atas) pada tahun 1957 oleh yayasan SMI & SMIA. Pada saat itu sekolah ini hanya membuka satu program (program agama). Selanjutnya, pada tahun 1968 yayasan SMI/SMIA meminta kepada Depertemen Agama RI agar SMIA dapat dinegerikan.

Pada tahun 1978 sekolah ini baru berubah namanya menjadi MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 1 Banda Aceh. Di masa-masa selanjutnya madrasah ini terus  berkembang  dengan penambahan  jumlah siswa dari tahun ke tahun.

Madrasah ini telah banyak melahirkan alumnus-alumnus terbaik, saat ini pun banyak alumnus yang melanjutkan studi ke universitas-universitas terbaik di dalam negeri setiap tahunnya. Prestasi siswa-siswi madrasah ini juga terbilang cukup banyak, mulai dari tingkat regional hingga ke tingkat nasional.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai MA ini, dapat mengunjungi website: www.manmodelbna.sch.id


2. MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar

Madrasah terbaik Aceh
MAS Ruhul Islam Anak Bangsa | ruhulislam.com

Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa didirikan oleh Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada tahun 1997. Ketua dewan pembina yayasan adalah Prof. Syamsuddin Mahmud yang saat itu menjabat sebagai gubernur Aceh.

Sejak didirikan pada 1 Juli 1997 hingga 1 Mei 2018, madrasah ini telah menamatkan sebanyak 19 angkatan dengan jumlah alumni sudah mencapai 2 ribuan alumnus yang    tersebar di berbagai Perguruan Tinggi terkemuka di dalam negeri (UI, UGM, ITB, IPB, ITS) maupun di luar negeri (Mesir, Madinah, Sudan, Tunisia, Qatar, Maroko, Turki, Libya, Taiwan, Kanada, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Australia) sebagainya.

Begitu juga prestasi siswa-siswi madrasah ini terbilang cukup banyak, mulai dari tingkat regional hingga ke tingkat nasional.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai MA ini, dapat mengunjungi website: www.ruhulislam.com


3. MAN 1 Aceh Barat

MAN 1 Aceh Barat merupakan salah satu madrsah favorit di Aceh Barat, untuk prestasi para sangat banyak bahkan dapat mengalahkan sekolah-sekolah lain di Aceh Barat. Untuk lulusan dari sekolah ini setiap tahunnya berhasil menembus ke universitas-universitas terbaik di seluruh Indonesia. Untuk tahun 2019 saja Siswa MAN 1 Aceh Barat berhasil Lulus SNMPTN Tahun sebanyak 51 siswa.


4. MAS Jeumala Amal Pidie Jaya

MA terbagus
MAS Jeumala Amal | jeumalaamal.org

Madrasah Aliyah ini terletak di kabupaten Pidie Jaya, prestasi yang telah dipacai oleh madrasah ini cukup banyak. Alumnusnya juga sudah menyebar dan berkontribusi di berbagai bidang baik di pemerintahan, politik, bisnis dan sebagainya. Prestasi yang dicapai oleh siswa-siswi madrasah ini juga terbilang cukup banyak di berbagai bidang, olahraga, sains, agama dan lain-lain.


5. MAN Insan Cendikia Aceh Timur

MA di Aceh
MAN Insan Cendikia | icat.sch.id

Pembentukan MAN Insan Cendekia berlandaskan atas kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi tinggi terhadap ilmu pengetahuan maupun teknologi, serta sejalan dengan keimanan maupun ketakwaan.

Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie pada saat itu membentuk STEP (Science and Technology Equity Program).Tujuan STEP adalah untuk penyetaraan program ilmu pengetahuan dan teknologi untuk sekolah di lingkungan pesantren. Di  Aceh Timur sendiri cabang madrasah ini baru dibangun pada tahun 2013 di tanah seluas 10 Ha yang merupakan hibah dari Pemkab Aceh Timur. Saat ini masih dalam proses pembangunan dan telah dioperasikan untuk tahun ajaran 2015/2016.

Meski terbilang baru, siswa-siswi di madrasah ini sudah meraih prestasi-prestasi yang cukup membanggakan, di antaranya baru-baru ini salah satu siswi madrsah ini berhasil lulus ke tahap final seleksi YES (Pertukaran Pelajar Ke Amerika Serikat).

Untuk informasi lebih lengkap mengenai MA ini, dapat mengunjungi website: http://www.icat.sch.id


6. MAS Darul Ulum Banda Aceh

Madrasah aliyah aceh
MAS Darul Ulum | badandayah.zhetproduction.com

Madrasah Darul ‘Ulum Banda Aceh didirikan oleh Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI) pada tanggal 01 Juni 1990 di atas areal komplek YPUI seluas ± 48.938 m3. Komplek madrsah ini beralamat di Jalan Syiah Kuala Nomor 5 Kelurahan Keuramat Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

Ditetapkan nama Darul ‘Ulum mengandung harapan agar Komplek YPUI dapat menjadi lingkungan ilmu pengetahuan tempat lahirnya Generasi Penerus Islam yang berakhlak mulia, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berfikiran bebas dengan landasan Iman dan Taqwa. Madrasah ini sangat berfokus pada pengembangan bahasa siswa-siswinya, begitu juga di bidang minat bakatnya seperti kaligrafi dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai MA ini, dapat mengunjungi website: http://darululumaceh.net/


7. MAS Darul Ihsan Aceh Besar

Madrasah terbaik di aceh
MAS Darul Ihsan | liputanaceh.com

Madrasah aliyah Darul Ihsan yang bernaung di bawah yayasan darul ihsan Tgk. H. hasan Krueng Kalee, merupakan lanjutan dari pengembangan Dayah salafi Tgk. H. Hasan Krueng kalee yang pernah berkembang pada tahun 1910 s.d 1946. Setelah beliau wafat, berakhirlah lembaga pendidikan itu. Setelah 26 tahun kemudian, tepatnya tanggal 15 Muharam 1420 H/ 1 Mei 1999, Dayah Krueng kalee di pugar dan dibangun kembali atas prakarsa cucunya H. Waisul Qarani Aly As Su’udy yang berbentuk dayah terpadu.

Saat ini, madrasah ini berfokus pada pengembangan bahasa dan pemahaman kutub yang sangat mendalam, sehingga kualitas para alumnus nya patut diacungkan jempol.


8. MA Ulumul Quran Banda Aceh

MAS Ulumul Qur’an atau lebih dikenal dengan sebutan Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Pagar Air, merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang ada di Aceh yang mempunyai Program khusus bidang Tahfizhul Qur’an di samping dibarengi juga dengan Pendidikan formal tingkat Aliyah. Perpaduan antara kedua sistem ini yaitu pendidikan formal mum dan dayah tahfizh merupakan ciri khas Lembaga MUQ Pagar Air.

Madrasah ini didirikan pada tahun 1989 di Gedung LPTQ Geuceu Kota Banda Aceh oleh Prof. Dr.H. Ibrahim Hasan, MBA (Gubernur Aceh pada saat itu). Pada tahun 1991 “Lembaga Tahfizhul Qur’an” ini berubah menjadi Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Banda Aceh bersamaan dengan lahirnya pendidikan Klasikal (Sekolahan) Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an dan Madrasah Aliyah Ulumul Qur’an.

Untuk mendukung eksistensi madrsah ini, pada Tahun 1998 ini dibentuklah “Yayasan Pendidikan Dayah/Madrasah Ulumul Qur’an Banda Aceh” sehingga sejak saat itu secara resmi seluruh aktivitas Dayah/Madrasah Ulumul Qur’an bertempat di Desa Bineh Blang Kemukiman Pagar Air Kabupaten Aceh Besar.

Madrasah ini telah banyak melahirkan lulusan-lulusan yang hafizh dan hafizhah, lulusan ini tersebar di berbagai universitas terbaik di dalam maupun di luar negeri.


9. MAS Ulumul Quran Langsa

Madrasah aliyah Ulumul Quran Yayasan Bustanul Ulum Langsa merupakan sebuah madrasah yang diberangi dengan dayah terpadu. Madrasah ini diresmikan pada 27 Desember 1981. Madrasah ini juga dikenal Madrasah pertama yang berbentuk dayah terpadu di Aceh. Lulusan dari madrasah ini terbilang sudah sangat banyak diantaranya ada yang berkontribusi di bidang pemerintahan, politik, bisnis dan sebagainya.

Disamping itu, madrasah ini juga telah melahirkan banyak generasi penghafal al quran, karena memang salah satu program unggulan dari madrasah ini adalah tahfizhul quran.


10. MAN 2 Banda Aceh

Madrasah merupakan salah satu sekolah menengah yang berada di Banda Aceh, provinsi Aceh. Madrasah ini menyediakan berbagai fasilitas penunjang pendidikan bagi anak didiknya. Guru-guru dengan kualitas terbaik yang kompeten dibidangnya, kegiatan penunjang seperti ekstrakurikuler (ekskul), organisasi siswa, tim olahraga, dan perpustakaan sehingga siswa dapat belajar secara maksimal.

MAN ini menjadi salah satu madrasah favorit di Banda Aceh, lantaran prestasi-prestasi yang diraih para siswanya serta lulusannya yang bisa melanjutkan ke universitas-universitas terbaik di dalam negeri.



Itulah  daftar 10 MA terbaik di Aceh, daftar nama-nama madrasah di atas merupakan hasil studi literatur dan pengamatan langsung di lapangan. Pastinya data diatas masih sangat bersifat subjektif.

Adapun madrasah-madrasah yang tidak tersebutkan di atas pastinya bagus dan direcommended juga, hanya saja karena keterbatasan informasi tidak dimasukkan ke daftar.

Tulisan ini dibuat untuk bahan bacaan atau referensi buat siswa-siswi yang sedang mengumpulkan informasi mengenai MA favorit yang  hendak dituju. Semoga bermanfaat.


Baca juga:

10 Dayah Terpadu / Pesantren Modern Terbaik Di Aceh

Kumpulan Soal Cerdas Cermat SD Lengkap

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap